Acara Ritual Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi ( Abah Asep Nugraha )



Seren Taun ke 434 kasepuhan Sinar Resmi 24-25 Agustus 2013

Seren Taun adalah upacara Ritual / mengucapkan rasa syukur atas hasil panen tahun sekarang, begitulah cara rasa bersyukur masyarakat adat Kasepuhan Sirna Resmi ini yang di pimpin oleh Pemangku Adat yaitu Abah Asep Nugraha. Seren Taun adalah kegiatan dimana Ritual yang sangat sakral dan di laksanakan setiap satu tahun sekali dimana masyarakat adat kasepuhan mengucapkan rasa syukur dengan hasil panen yang berlimpah dan keberhasilan dalam bertani meskipun bercocok tanam satu kali dalam setahun dan bisa mencukupi kebutuhan beras dalam kurun waktu satu satahun. setiap  hasil panen padi, baik padi dari sawah atau hasil padi dari ladang ( huma ) masyarakat adat Kasepuhan Sirna Resmi menyimpan hasil panen nya ke dalam leuit ( tempat penyimpanan padi ) dan seren taun dilaksanakan setiap habis panen padi (panen pare ). 

Seren Taun untuk tahun sekarang akan di laksanakan Mulai tanggal 20-25 Agustus 2013 dan acara ritual puncak nya pada tanggal 24-25 Agustus 2013, setiap kegiatan Seren Taun di ikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, baik masyarakat adat kasepuhan, masyarakat luar dan institusi Pemerintahan. selain acara ritual Seren Taun dengan memasukan padi kedalam leuit ( ampih pare ka leuit ) selama kegiatan seren taun ada berbagai macam hiburan kesenian daerah yang di suguhkan untuk menghibur masyarakat adat Sinar Resmi maupun para tamu undangan yang datang menghadiri acara ritual seren taun tersebut. setiap acara Seren Taun berlangsung di ikuti oleh berbagai masyarakat baik masyarakat adat maupun dari luar masyarakat adat jumlah yang hadir mencapai ribuan orang.

bagi para teman-teman pecinta seni dan budaya bisa langsung datang untuk menghadiri acara ritual seren taun tersebut, Kasepuhan Sirna Resmi bertempat di kp. Sirna Resmi Desa Sirna Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten SukabumiPpropinsi Jawa Barat kalau dari arah Palabuhanratu sekitar 25 Km.

untuk informasi lebih jelas bisa menghubungi :
 contact person
+6287720664666 ( Abah Asep nugaraha )